Hukum Menemukan Uang Lalu Disedekahkan ke Masjid

BERBAGIHARAPAN.ID – Mungkin, sahabat kebaikan pernah melihat uang di jalan, lalu mengambilnya. Namun, bingung baiknya dilakukan. Apakah uang yang sahabat kebaikan temukan tersebut disedekahkan atau digunakan untuk jajan, misalnya.

Uang atau bisa disebut barang merupakan harta/barang yang hilang dari pemiliknya dan ditemukan oleh orang lain. Para ulama di antaranya Ibnul Ghorobili dalam kitabnya fathul Qoribil Mujib fi Alfazhit Taqrib, barang temuan atau Luqathah adalah harta yang hilang dari pemiliknya baik dengan cara terjatuh ataupun karena kelalaian dan selainnya.

Sahabat pernah bertanya kepada Nabi SAW mengenai barang temuan. Rasulullah, bersabda: “Umumkanlah selama satu tahun, kemudian kenalilah tali pengikatnya atau kantongnya, kemudian kamu pergunakan, jika datang pemiliknya maka berikanlah kepadanya” (HR. Bukhari).

Maka dari hadist tersebut dapati disimpulkan, bahwa apabila menemukan uang atau barang, hendaknya mengumumkan ke masyarakat dan ditunggu selama satu tahun. Imam an-Nawawi menjelaskan dalam Syarhun Nawawi ala Muslim, ““Dan dalam urusan mengumumkan barang temuan selama satu tahun merupakan perkara yang telah disepakati kewajibannya oleh para ulama jika barang temuan tersebut bukanlah sesuatu yang remeh atau tidak berharga.

Adapun jika setelah satu tahun berlalu dan pemiliknya datang maka dijelaskan oleh Imam Badruddin Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad al-‘Ainiy “Jika datang pemilik barang temuan tersebut setelah berlalu satu tahun, maka harus dikembalikan kepadanya, karena ia berstatus barang titipan di sisinya“.

Berdasarkan penjelasan para ulama, bahwa barang temuan yang wajib diumumkan selama satu tahun adalah barang-barang yang memiliki nilai atau berharga, adapun barang-barang yang tidak berharga, maka dikecualikan, sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama. Sehingga apabila ingin disedekahkan boleh saja, tapi jika datang pemiliknya sebelum satu tahun berlalu maka sahabat harus menggantinya. Meskipun mengganti, sahabat mendapatkan pahala karena sudah infaq.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.