Keajaiban Bersedekah di Hari Jumat Selain Didoakan Malaikat dan Pahala Berlipat

BERBAGIHARAPAN.ID – Bersedekah merupakan sebuah amalan seorang muslim yakni dengan memberikan apa yang dia miliki kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas. Perbuatan positif tentunya memiliki manfaat besar, karena selain dapat membantu orang lain, kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sedekah bisa dilakukan kepada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Namun, taukah Anda terdapat hari baik yang dianjurkan kepada umat muslim untuk bersedekah yaitu pada hari Jumat.

Hal tersebut tertuang dalam hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain.”

Hari Jumat adalah hari yang paling utama dan berkah dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Pada hari itu Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

Bersedekah di hari Jumat terbilang istimewa dan memiliki keutamaan karena seperti bersedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

Hari Jumat juga menjadi hari terbaik dimana nilai dan juga segala macam pahala akan dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’. [Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239]

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.