Sedekah yang Paling Tinggi

BERBAGIHARAPAN.ID – Sahabat kebaikan, tahukah bahwa sebetulnya ada sedekah yang paling tinggi dan utama, sebelum kamu membagikan harta kamu ke fakir miskin, hingga anak yatim, yaitu adalah sedekah untuk diri sendiri. Hal ini dikatakan Ustaz Khalid Basalamah. Ia bercerita, bahwa pernah sahabat curhat kepada Rasulullah,”Ya Rasulullah, saya punya satu dirham. Infaqkan kata Nabi buat dirimu dulu, beli baju buat kamu, beli tas, beli kebutuhan, kendaraan, silahkan pakai buat kamu,Ada lagi ya Rasulullah satu dirham kata Nabi buat anakmu, ada lagi satu dirham buat istrimu, kerabatmu, ada lagi satu dirham ya Rasulullah,”

Kata Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, “Engkau lebih tau dimana engkau letakkan setelah itu silahkan bebas,”

Akan tetapi perlu sahabat ingat untuk tetap tidak boleh berlebihan belilah sesuai dengan kebutuhan akan tetapi yang thayyib. Adapun yang dimaksud dengan thayyib adalah berkualitas, yang berkualitas boleh untuk kita pakai.

Misalnya saja kendaraan, pakaian, tas, sepatu yang mahal tidak masalah dan juga tidak dilarang dalam agama Islam. Akan tetapi tentu saja jangan berlebihan.

“Boleh kita beli, bahkan lebih besar pahalanya apabila orang kalau mampu membeli barang kualitas A, lalu beli kualitas B. Kalau dia beli A itu lebih besar pahalanya, dia beli B sebenarnya dia kekurangan pahala,” ucap ustadz Khalid Basalamah.

Mengapa demikian? Karena orang tersebut tidak menikmati nikmatnya Allah sementara dia butuh.

“Ini sekaligus saya ingatkan bagi yang mau umroh, mau haji selalu begitu, banyak jama’ah yang mampu tapi mencari travel paling murah, cari yang bintang tiga,” lanjut beliau.

Padahal umroh merupakan sedekah dan sedang beribadah kepada Allah dimana Allah pasti mengganti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.