Waktu Terbaik Membayar Zakat

BERBAGIHARAPAN.ID – Zakat merupakan amalan wajib bagi setiap muslim. Namun, tahukah sahabat kebaikan waktu terbaik untuk membayar zakat. Rasulullah SAW, pernah menyebut dalam hadis mengenai waktu yang disarankan untuk membayar zakat.

“Telah menceritakan kepada kami (Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza’ Al Madani), telah menceritakan kepadaku (Abdullah bin Nafi’ As Sha`igh) dari (Ibnu Abu Zannad) dari (Musa bin Uqbah) dari (Nafi’) dari (Ibnu Umar) bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat salat) pada hari raya Idulfitri.  (HR Tirmidzi).

Berdasarkan hadits tersebut dikatakan bahwa waktu terbaik dalam membayar zakat adalah sebelum dilaksanakan sholat hari raya. Namun, apabila lewat dari waktu tersebut adalah makruh.

Kesimpulannya, sahabat kebaikan untuk mengusahakan membayar zakat sebelum Sholat Idul Fitri. Agar tidak was-was dan takut lupa saat membayar zakat. Hendaknya membayar saat sepuluh hari sebelum Idul Fitri. Semoga dengan ini para sahabat kebaikan bisa membayar zakat dengan lancara dan tepat waktu.

Berbagi harapan bisa membayar zakat melalui Pondok Sedekah Indonesia melalui link ini 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *